Siapa yang tak kenal Herman Hading

Juli 4, 2007 at 5:01 pm 8 komentar

Foto Pak Herman HadingSosok sang pengabdi kita di edisi pertama ini tentu sudah tidak asing lagi, terutama bagi alumni angkatan 1979 s/d angkatan 2000 dan angkatan 2003 s/d 2006. Drs. Herman Hading, M.Pd atau biasa dipanggil Pak Herman oleh murid-muridnya, seakan telah menjadi ikon di SMA Negeri 1, sekolah terfavorit di Makassar.  

Setelah sempat “meninggalkan SMAnSa selama dua tahun dengan menjadi Kepala Sekolah SMA Negeri  13 dari tahun 2000 hingga tahun 2002, Pak Herman akhirnya pada tahun kembali “keasalnya” yaitu ke SMAnSA. Dan pada tahun 2003, Pak Herman dikukuhkan oleh Walikota Makassar untuk menjadi pimpinan sekolah yang didirikan pada tahun 1950 ini. Sejak bergabung menjadi guru SMAnSA pada tahun 1979 hingga sekarang, telah banyak suka maupun duka serta pengalaman berkesan yang Pak Herman lewati. Ketika ROMANSA meminta kepadanya untuk menceritakan pengalaman-pengalaman berkesan- nya selama di SMAnSA, Pak Herman bingung, pengalaman mana yang harus ia ceritakan.

Karena ROMANSA adalah majalah IKA SMAnSA, maka yang beliau ceritakan adalah  pengalamannya dalam menghadapi Ketua Umum IKA SMAnSA pada tahun 1982.  Pada tahun 1982, Agus Arifin Nu’mang sudah duduk di kelas III. Dari sekian teman-temannya, Agus termasuk siswa kelas III IPA yang “kurang rajin” mengikuti olah raga di Lapangan Karebosi, setiap Hari Kamis, pukul 06.00 pagi.

Saya, selaku guru olah raga merasa kurang senang, karena setiap olah raga harus selalu berteriak “ mana Agus…. mana Agus.” Puncak “ketidaksenangan”  dengan ketidakhadiran Agus akhirnya saya tumpahkan kepada Hoist Bakhtiar, yang kebetulan sekelas dengan Agus, dan Hoist sendiri termasuk orang yang rajin. Akhirnya saya buat keputusan, biarpun Hoist hadir mengikuti olah raga, kalau Agus tidak hadir, maka yang dinyatakan alpa adalah Hoist.

Al hasil strategi ini berhasil. Agus pun rajin ikut olah raga. Selain cerita tersebut, yang paling menggemaskan dan mengesankan adalah  ketika siswa SMAnSA melakukan konvoi keliling kota Makassar lalu mengajak semua anak sekolah berkelahi, sehingga Kami, selaku gurunya harus berurusan dengan polisi. Sedangkan siswa-siswinya pada ketawa-ketawa. Sungguh, siswa yang bandel, badung, menjengkelkan menggemaskan, tapi sekaligus pintar, cerdas, gaul dan lucu. 

Sementara yang paling berkesan bagi ayah dari 3 orang anak ini adalah ketika ada siswa melakukan kenakalan yang cenderung ke arah kekerasan kepada siswa lain, pihak sekolah terpaksa harus memanggil orang tua siswa tersebut untuk konsultasi. Bukannya penyelesaian yang didapat tetapi omelan sekaligus menyalahkan sekolah. Yah, itulah nasib jadi guru, kalau siswanya nakal, bodoh, yang ditanyakan siapa gurunya. Tetapi kalau siswanya pintar, rajin maka yang ada, siapa dulu bapaknya.(*) 

Sumber: Majalah IKASMANSA, edisi 1 APril 2007 (dulu sempat bernama ROMANSA)

Entry filed under: paraikatte. Tags: .

Wali Kelasku, Maafkan Aku Hayo bergabung di milis Ikasmansamakassar

8 Komentar Add your own

  • 1. ikasmansamakassar  |  Juli 4, 2007 pukul 5:10 pm

    buat yang ge FANS dengan pak Herman, saya menemukan friendsternya dia beralamat
    http://www.friendster.com/hermanhading

    hhehe, pak herman ta ternyata funky juga ya punya FS segala, bravo pak herman,

    Balas
  • 2. rusle  |  Juli 5, 2007 pukul 1:35 am

    pak herman,
    masih senang mukulin siswa2 Smansa ndak?
    kalo masih, hati2 kasus bullying/kekerasan dalam pendidikan…
    jaman sekarang sudah beda dgn jaman dulu yg bisa semena2 mukul dan nendang sembarangan…

    rusle (Smansa 1991-1994)
    — Chevron Indonesia Company —

    Balas
  • 3. ahmad syam  |  Juli 6, 2007 pukul 12:03 pm

    Semoga pak herman masih menyenangi monica seles (petenis putri asal spanyol) yang cantik itu. Tugas kliping (sebagai pengganti kegiatan renang) yang saya buat kala itu harus menampilkan si monica (yang seksi itu). Ah, monica…monica, eh, herman…herman….

    Balas
  • 4. udit  |  Juli 15, 2007 pukul 2:01 pm

    Si Rusle ….emang ente pernah kena pukul…he..h.e.h…e.h.e.

    kalau saya pribadi sudah memaafkan….itu sebenarnya wujud perhatian beliau pada kita….apalagi kita dulu bandel-bandel….
    suka maen mercon…suka main layangan di halaman sekolah …main bola…suka bolos lewat pagar belakang sekolah….bolos lewat sebelah mushalah…..suka main bom air waktu hujan….rambut gondrong…sepatu warna-warni dan robek…. motor dengan knalpot cuma sepotong…..kebut-kebutan
    ha..a…ha.ha..ha… kalo ingat waktu itu rasanya pantas saja kita suka dimarahin dan sempat kena bogem..he..he..he..he….

    Salam hormat buat pak Herman…..
    udit-smansa92

    Balas
  • 5. Umar Mansyur  |  Juli 25, 2007 pukul 5:10 pm

    Ass. Pak Herman
    Selamat atas selesainya pendidikan S2 Bapak dan semoga dapat bermanfaat bagi agama, nusa, dan bangsa serta dapat dilanjutkan ke jenjang S3. Insya Allah.
    Kami sekeluarga dari Kota Hujan mendoakan agar Bapak tetap sehat wal’afiat dalam menjalankan amanah sebagai suatu ibadah.

    Wass.

    Umar Mansyur (ex. SMANSA 86)

    Balas
  • 6. Prayudy  |  Agustus 12, 2007 pukul 8:04 am

    HAhaha ..kalo ngga salah beliau guru olahraga …saya pernah hampir di tempeleng beliau ..emang orangnya rada keras ya …

    Balas
  • 7. Ruslan Moh. Yunus  |  Agustus 18, 2007 pukul 7:20 am

    Alumnus 1989
    Semoga tetap berjaya,
    Nonton Pertarungan Mike Tyson Boleh Bolos Kan Pak ? jam sekolah lainnya haram. Maaf jika setiap pertarungan Mike Tyson Kami Bolos bersama Bapak. Dan mohon maaf jika saat akhir sekolah di kelas III Fisika-3 kami diskorsing sekelas karena bosan sekolah.Bagaimana dengan club Hockey Pak. Titip salam buat Bu Salmiah ibunda kami
    Ruslan Moh. Yunus III Fisika-3 1988/1989.

    Balas
  • 8. hakim  |  November 24, 2007 pukul 3:30 pm

    pa emmank!!!! apa kabare?????? dengar2 mau miki diganti di’, hahahahahahah kasian ta’ itu hahahahahah…..sekke dudu ki’ sama sombong dudu ki’……..makanya!!!!! jgn ki pikir diri ta sendiri……..ana2 ka tawwa………hahahahaha….apa yg terjadi, terjadi lah…..jual mobil pa klo di pecat…kan ada tiga mobil ta toh hahahahahahahaha…….slam smansa 05 hooyyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


TANGGALAN

Juli 2007
S S R K J S M
« Mei   Sep »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

PENGUNJUNG

  • 44,540 hits

Musikku


%d blogger menyukai ini: